Info :
Bonus Refferal 5% + 1% Setiap Mengajak Temannya Bermain Di Tempat Kami
  • bbmD3F62DE3
  • wa+855 92 233 058
  • wechatBuanabet
  • lineBuanabet

Cara Budidaya Ayam Pegar Kuning

Lucy Luciole BERITA AYAM
07/04/2017 | 00:56

Sabung Ayam Online – Salah satu jenis ayam pegar yang bulunya sangat menarik perhatian kita semua yaitu ayam pegar kuning atau juga disebut yellow pheasant, mungkin sebagian besar pecinta ayam tarung juga masih bingung bagaimana cara membudidayakannya. Ada juga yang mengira bahwa tingkat kesulitan dalam merawatnya sangatlah susah, padahal jika kita mengetahuinya caranya tidaklah terlalu rumit.

Ayam Pegar

Ayam Pegar

Pegar kuning ini termasuk dalam salah satu jenis ayam pegar yang mendapatkan keuntungan dari para penggemar ayam hias karena warnanya yang menarik untuk dipandang, seperti namanya warna ayam ini didominasi oleh warna kuning pada sekujur bulunya. Yang saat ini sedang mengalami krisis kepunahan maka dilakukan penangkaran, harganya cukup mahal menjadikan usaha ternak mereka belum banyak dilakukan orang.

Saat ini peternak ayam pegar masih didominasi oleh pulau Jawa, belum banyak peternak yang memelihara ayam pegar kuning ini dikarenakan harganya yang mahal tersebut. Padahal pangsa pasar penjualan ayam pegar kuning ini masih luas, peminat dari pulau lainnya pun masih tinggi. Sehingga ini sebenarnya merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan menggiurkan.

Perekonomian yang akan semakin membaik akan meningkatkan daya beli dari masyarakat, ditunjang lagi dengan gaya hidup yang sudah berubah. Masyarakat mulai menyisihkan penghasilannya untuk hobi yang menurut mereka menarik dan dibutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk mendapatkan peluang yang sangat bagus ini maka harus kita pelajari hal ini, makanan yang dibutuhkan mudah didapatkan disekitar kita, sehingga kita tidak perlu kuatir ayam pegar ini akan kekurangan stok makanan.

Sekarang ini pegar kuning sudah mulai dikembangkan di masyarakat luas, dengan memiliki lahan yang terbatas bukan menjadi penghalang untuk dapat memelihara ayam pegar kuning ini. Keunggulan dari ayam pegar  kuning ini adalah daya tahan tubuh yang tinggi terhadap serangan penyakit dibandingkan unggas lainnya. Mereka juga termasuk unggas yang agresif sehingga dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Untuk menjinakkan yang satu ini kita membutuhkan keuletan, saat memberikan makanan kita bisa meletakkan makanannya pada tangan kita dan memberikannya secara langsung. Dengan hal ini ayam pegar kuning akan terbiasa dengan kehadiran kita dan lama kelamaan akan jinak saat kita dekati. Makanannya merupakan pur atau biji-bijian seperti jagung giling, beras merah giling dan juga serangga, cacing, bekicot atau jangkrik dengan pemberian sebanyak 3 hari sekali. Atau dengan pepaya yang matang bisa kita berikan juga, hanya saja air minum yang bersih diperlukan oleh ayam ini didalam kandangnya.

Selain itu kebersihan kandangnya sangatlah penting agar kesehatan ayam pegar kuning ini selalu terjaga, luas kandang juga menentukan tingkat kenyamanan ayam pegar kuning ini. Ada baiknya luas minimal kandang sekitar 2x2m persegi dengan ketinggian minimal 2m juga, lantai kandang bisa menggunakan pasir putih atau tanah. Dan berikan tempat untuk bertengger ayam didalam kandang ini, sebaiknya kandang ini juga setengah terbuka agar air hujan tetap bisa masuk. Ayam pegar kuning ini sangatlah menyukai air, saat hujan mereka akan bermain air sambil berhujan-hujanan.

Cara budidayanya dengan cara poligami antara 1 jantan dan beberapa betina, perkawinan ini bisa kita atur dengan peletakan dimasing-masing kandang. Seterusnya sampai jantan membuahi para betinanya, ayam pegar berbeda dengan ayam pada umumnya yang dapat diletakkan dalam satu kandang dengan komposisi 1 jantan dengan 5 betina karena sifat ayam pegar ini mempunyai kecenderungan kanibalisme bila diletakkan dalam kandang yang sama. Sifat kanibalisme itu muncul apabila asupan protein pada dirinya berkurang, saat kita merawat mereka pastikan asupan protein mereka tercukupi.

Ayam Pegar Kuning

Ayam Pegar Kuning

Ayam pegar kuning ini bertelur dalam jumlah yang cukup banyak bisa mencapai sekitar 15 butir dalam sekali mbertelur, seperti kita ketahui jenis ayam pegar kurang pandai dalam mengerami dan mengasuh anak mereka. Maka pada saat mereka bertelur, telur bisa kita ambil dan titipkan pada induk ayam lain atau bisa juga dengan mesin inkubator atau penetas. Waktu yang dibutuhkan telur ayam pegar kuning untuk dapat menetas yaitu 23 hari. Demikianlah artikel Lucy untuk hari ini mengenai cara budidaya ayam pegar kuning, semoga bisa membantu dan dapat bermanfaat untuk para pecinta sabung ayam di Indonesia 😀

Follow us on :
  • facebook
  • linkedin
  • Googleplus
  • Path
  • Twitter
  • Pinterest
  • s128
  • cf88id
  • sv388
  • 18+
  • secure
  • Support Browser :
  • browsers
banklist