Info :
Bonus Refferal 5% + 1% Setiap Mengajak Temannya Bermain Di Tempat Kami
  • bbmD3F62DE3
  • wa+855 92 233 058
  • wechatBuanabet
  • lineBuanabet

Cara Membuat Ayam Bekisar Berkokok

Lucy Luciole BERITA AYAM
13/04/2017 | 20:16

Sabung Ayam Online – Apabila kalian para pecinta sabung ayam ingin memiliki ayam yang rajin berkokok, serta meningkatkan nilai jual dari ayam kita memang membutuhkan kejelian dalam memberikan dan membuat pakannya. Jangan lupa untuk mengawasi supaya ayam berkisar tetap bisa rajin berkokok tanpa terkena penyakit, kuncinya adalah pada pakan yang bergizi dan pengawasan yang disiplin serta tidak lupa untuk kita ikutkan pada lomba.

Ayam Bekisar

Ayam Bekisar

Memang tidak salah apabila harga jual ayam bekisar meningkat ketika ayam ini kita ikuti dalam lomba yang akan menambah pengetahuan seputar ayam bekisar ini berdampak positif, kembali ke perawatannya pada saat masih berumur 3 minggu. Harus kita tempatkan pada kandang khusus yang mempunyai pakan berupa anak ayam potong, jumlahnya jangan dibatasi biarkan anak ayam bekisar ini makan supaya cepat tumbuh besar. Setelah berumur 1 bulan barulah ayam ini terlihat agresif, lalu pisahkan anak ayam bekisar ini ke masing-masing kandang yang hanya berukuran 30×30 cm persegi. Pada masa ini baiknya ayam bekisar kita berikan pur tipe A sampai berumur 3 bulan.

Kemudian setelah umur 3 bulan, pakan pur tipe A kita gantikan dengan pur tipe B. Berikan terus sampai sekitar umur 5 bulan, lalu kita ganti sangkarnya dengan yang lebih besar sekitar 40×40 cm persegi. Jangan lupa untuk memberikan pakan berupa beras merah untuk melatih ayam ini karena makanan pokok dari ayam bekisar ini adalah beras merah. Beras merah dicampur dengan pakan pur tipe B dengan perbandingan 1 : 3 dalam skala setiap kilonya. Dengan jumlah secukupnya campuran ini diberikan pada saat pagi dan sore hari, sampai berumur sekitar 6-7 bulan setelah itu berikan pur tipe B pada saat pagi hari sedangkan beras merah pada saat sore hari. Dan jangan lupa untuk mengganti sangakt menjadi lebih besar sekitar 50×50 cm persegi.

Dalam perkembangan suara ayam bekisar, pasti akan mulai kelihatan jelas pada umur 8 bulan. Supaya meningkatkan mutu suaranya maka jenis pakannya harus dirubah menjadi campuran beras merah, ketan merah dan jagung giling dengan perbandingan 7 : 1 : 2. Sebelum diberikan pada ayam bekisar, campuran ini harus dikukus dulu supaya steril, setelah itu berikan campuran 1 sendok madu dan 1 sendok minyak ikan serta 1 butir telur ayam sehingga bisa menambah protein. Lalu jemur sebentar agar tahan lama disimpan untuk 1 bulan lamanya.

Ayam Bekisar

Ayam Bekisar

Pemberian pakan ayam ini setiap harinya cukup sedikit saja, sekitar seperempat makanan ayam kampung, bila berlebihan maka ayam bekisar akan kegemukan dan mutu dari kokoknya akan menurun. Tetapi mutunya akan baik bila diberikan makanan seperti toge dan kangkung, dan juga pisang serta pepaya. Berikan juga jangkrik dan ulat hongkong, sebagai makanan ekstra. Pakan berprotein tinggi ini cukup kita berikan seperlunya saja karena fungsinya sebagai pakan tambahan. Bisa juga kita berikan kulit kerang dalam bentuk granular, karena mengandung banyak kalsium sebagai pelengkap pakan yang bergizi diatas.

Pengawasan ini juga perlu diperhatikan karena merupakan unsur yang sangat penting untuk melihat perkembangan dari ayam bekisar ini, contoh kasus apabila warna dari fesesnya kuning kehijauan atau diartikan juga mengandung kapu berarti ada suatu masalah yang tidak baik. Pada ayam yang sehat, jengger akan berubah warna menjadi merah segar dan tegak, sebaliknya menyatakan bahwa ayam itu sedang kurang baik kondisinya. Bisa juga kita lihat kondisi ayam dari matanya yang redup tidak bersinar, dan terakhir kita lihat dari pakannya.

Jika pakan yang kita berikan habis dimakan itu berarti keadaan ayam bekisar ini aman, bila yang terjadi hal sebaliknya maka yang harus kita lakukan adalah memberikan vitamin B kompleks serta antibiotik bernama tetrachloor sehari 2 kali pada saat pagi dan sore sebanyak selama 3 hari. Menurut pakar yang memiliki banyak ayam bekisar tindak ini sangat ampuh untuk menyelamatkan ayam kesayangannya, biasanya akan sembuh pada hari ketiga.

Ayam Bekisar

Ayam Bekisar

Yang terakhir, bahwa ayam bekisar memiliki sifat yang curiga, agresif sebaiknya kita menutup sangkarnya dengan kerudung kain saat malam hari mulai sejak anakan, kalau kandangnya terlalu besar maka kita tutup dengan krei dari bambu supaya anak ayam bekisar bisa lebih tenang dan nyaman pada kandangnya. Sekian artikel dari Lucy untuk hari ini mengenai cara membuat ayam bekisar berkokok, semoga membantu dan bermanfaat bagi para pecinta sabung ayam di Indonesia 😀

Follow us on :
  • facebook
  • linkedin
  • Googleplus
  • Path
  • Twitter
  • Pinterest
  • s128
  • cf88id
  • sv388
  • 18+
  • secure
  • Support Browser :
  • browsers
banklist