Info :
Bonus Refferal 5% + 1% Setiap Mengajak Temannya Bermain Di Tempat Kami
  • bbmD3F62DE3
  • wa+855 92 233 058
  • wechatBuanabet
  • lineBuanabet

Manfaat Jemur Ayam Tarung Jantan

Lucy Luciole BERITA AYAM
28/03/2017 | 06:26

Sabung Ayam Online – Mandi dan jemur merupakan salah satu perawatan yang penting dan harus diberikan pada ayam tarung kita, hal ini biasanya kita mulai pada saat ayam tarung ini mencapai umur 7 bulan keatas. Mandi lalu jemur di pagi hari sangat bermanfaat bagi ayam tarung, yang dapat menambah kesegaran dan kebugaran serta membuat pernafasan ayam tarung menjadi lebih baik lagi.

Jemur Ayam Tarung

Jemur Ayam Tarung

Namun hal ini tidak menjadikan ayam tarung kita kelelahan, jika ayam sudah kelelahan atau kepanasan dan kita tetap membiarkan ayam tarung ini benar-benar dirasakan oleh ayam tarung kita, hal yang satu ini tidaklah dibenarkan. Hal yang membuat mandi jemur menjadi tepat adalah sebagai berikut :

  1. Memandikan ayam – sewaktu kita memandikan ayam tarung kita sebaiknya dalam posisi jongkok dan ayam kita apit dengan kedua kaki kita dengan posisi membelakangi kita, tundukkan bagian kepala terlebih dahulu dan basuh dengan handuk basah dengan air bersih yang hangat. Posisi menunduk ini memudahkan turunnya air yang membasahi muka ayam tarung, selanjutnya muka ayam tarung dibersihkan dengan hati-hati. Dalam posisi menunduk, leher ayam kita pegang dengan satu tangan sementara tangan satunya mengguyur air secara perlahan hingga mengenai bagian tengkuk sampai pangkal sayap. Sesudah itu leher dibasuh dengan handuk supaya tidak terlalu banyak kandungan air pada bulu hiasnya. Kemudian pada bagian dada dibasuh dengan handuk hingga kebawah sampai ke bagian belakangnya yaitu kloaka. Daerah sekitar kloaka yang paling harus bersih karena kotoran suka tertinggal pada bagian ini, lalu jangan lupa pada bagian sayap, ketiak dan paha serta kaki kita basahi dan lap sampai bersih. Bagian yang terakhir kali kita bersihkan adalah brutu, perlu diingat bahwa setiap kali kita pakai handuk kita cuci dan peras lagi hingga bersih dan mengandung air tidak terlalu banyak. Pada bagian ini punggung tidak perlu kita mandikan karena jika terlalu sering terkena air akan membuat bulunya rusak dan mudah patah.
  2. Menjemur ayam – kita lakukan pada saat pagi hari sekitar pukul 7-10 pagi ketika matahari masih baik, bisa juga kita olahragakan ayam sebentar sebelum proses ini. Penjemuran ayam tarung sangat dianjurkan oleh dokter hewan maupun oleh para pecinta ayam tarung yang sudah senior di Indonesia maupun negara lainnya. Proses penjemuran membuat ayam menjadi panas, dan harus kita ukur juga seberapa kuat ayam tarung milik kita. Ini semua berbanding dengan umur dan kondisi dari ayam tarung itu sendiri, apabila kita lihat sudah cukup penjemurannya dengan cara ayam tarung terlihat ngos-ngosan, harus segera kita pisahkan ketempat yang teduh dan sejuk. Karena ini semua akan berpengaruh pada performa ayam tarung, bila terlalu lama kita jemur bisa juga menyebabkan metabolisme dalam tubuh ayam tarung menjadi rusak.

    Jemur Ayam Tarung

    Jemur Ayam Tarung

  3. Manfaat penjemuran – khasiat yang dihasilkan sangat baik bagi ayam tarung, sinar matahari pagi hari mengandung banyak vitamin D yang diperlukan oleh tulang dan bulu ayam tarung. Vitamin D ini membantu terbentuknya struktur dari tulang yang kuat, baik manusia maupun hewan seperti ayam tarung. Manfaat lainnya lagi penjemuran bagi ayam tarung sebagai berikut :
    1. Melatih pernafasannya dan memperbaiki sistem peredaran darah yang membuat fungsi jantung dan paru-parunya menjadi lebih sempurna. karena ayam sudah bisa terbiasa menghadap kondisi panas, dengan demikian ketahan fisikpun menjadi lebih baik lagi daripada ayam yang tidak pernah dijemur.
    2. Dapat meningkatkan ketahan tubuh ayam tarung, menjemur ayam tarung pada pagi hari bisa membuat ayam tarung menjadi tahan terhadap cuaca yang ekstrim dan membantu menjaga daya tahan tubuh ayam tarung juga.
    3. Dapat membuat struktur tulang ayam tarung menjadi lebih kuat daripada ayam tarung yang tidak pernah dijemur dipagi hari, meningkatkan kekuatan tulang ayam tarung itu sendiri yang disebabkan oleh vitamin D yang didapat dari hasil penjemuran ini.
    4. Kandungan lemak ayam tarung dibawah kulit juga bisa otomatis berkurang sehingga ototpun menjadi kencang, hilangnya lemak ini dikarenakan banyaknya energi yang dibutuhkan untuk mengeringkan tubuh ayam tarung tersebut.
    5. Dapat menjauhkan ayam tarung dari penyakit ngorok setelah kita lakukan penjemuran karena lendir yang ada dalam ayam tarung dapat berkurang dengan sendirinya secara berkala.
    6. Membuat ayam tarung menjadi lebih bugar dan sehat karena penjemuran menyebabkan ayam menjadi terlihat bertenaga lebih.
    7. Memperlancar metabolisme tubuh ayam tarung kesayangan kita.
    8. Sinar matahari pada pagi hari ini dapat membunuh kuman-kuman penyakit yang masih menempel pada bulu dan bagian tubuh lainnya sehingga membuat ayam tarung aman.
Jemur Ayam Tarung

Jemur Ayam Tarung

Ternyata manfaatnya sangat banyak dari penjemuran ayam tarung pada saat pagi hari, penjemuran baiknya dilakukan setiap hari atau minimal 3 hari sekali dan jangan lupa untuk memperhatikan cuaca juga. Agar kondisi ayam lebih siap sebelum bertanding, ayam tarung akan lebih fresh dan kuat serta agresif dalam pertandingan nantinya. Demikian artikel dari Lucy untuk hari ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat yang untuk semua para pecinta sabung ayam di Indonesia.

Follow us on :
  • facebook
  • linkedin
  • Googleplus
  • Path
  • Twitter
  • Pinterest
  • s128
  • cf88id
  • sv388
  • 18+
  • secure
  • Support Browser :
  • browsers
banklist