Info :
Bonus Refferal 5% + 1% Setiap Mengajak Temannya Bermain Di Tempat Kami
  • bbmD3F62DE3
  • wa+855 92 233 058
  • wechatBuanabet
  • lineBuanabet

Obat Herbal Sakit Snot Ayam Tarung

Lucy Luciole BERITA AYAM
30/03/2017 | 05:34

Sabung Ayam Online – Snot merupakan kata lain dari kata lendir dari hidung yang biasanya menyerang unggas terutama ayam tarung, snot pada ayam tarung umumnya muncul saat musim hujan atau bisa juga disebabkan oleh kondisi lingkungan kandang yang lembab atau dingin. Penyebab dari penyakit ini merupakan pencemaran bakteri Haemophillus Gallinarum, bakteri ini menyerang sejak ayam masih berusia anak-anak pada musim pancaroba yang tidak menentu cuacanya.

Ayam Tarung Snot

Ayam Tarung Snot

Hal ini akan mempengaruhi ketahanan tubuh dan kesehatan para anak ayam tarung, penyakit yang satu ini sering kita temukan pada daerah tropis dan hampir menyerang semua anak ayam tarung hal ini berdasarkan dari pengalaman yang didapatkan ketika anak ayam tarung berumur kurang dari 16 minggu. Angka kematian bisa ditimbulkan oleh penyakit ini, karena mencapai 30$ dari angka morbidisitasnya serta angka kesakitannya mencapai hingga 80% dan bersifat kronis.

Penularan penyakit Snot ini melalui kontak langsung dengan ayam tarung yang sakit dan yang tidak sakit dalam satu kandang, atau melalui udara juga bisa, bahkan makanan dan minuman juga bisa tercemar bakteri dari penyakit ini. Bakteri penyebab dari penyakit snot ini pada anak ayam adalah Haemophillus Gallinarum.

Gejala yang dihasilkan pada penyakit ini adalah ayam terlihat seperti mengantuk dan kurang bergairah seperti sayap yang turun, dari hidung ayam akan keluar lendir kental atau hingus yang berwarna agak kuning dan memiliki bau khas. Muncul kerak-kerak kering bekas ingus dihidung, mata dan muka bengkak karena sinus infra orbital pada ayam tarung ini. Nafsu makan yang berkurang, pertumbuhan yang lambat, anak ayam sering menggelengkan kepalanya, mata anak ayam yang tertutup lama dan tidak dapat dibuka.

Sementara dari itu upaya pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu ayam yang sakit ini dipisahkan dari kelompok ayam yang sehat dan seperti biasa kita semua harus dalam keadaan bersih dan usahakan untuk terkena sinar matahari dan bangkai ayam yang mati dibersihkan dengan cara dibakar atau dikubur. Pengobatan Herbal diantaranya :

  1. Jahe – yang satu ini diketahui sebagai penyebab dari keringat yang berlebihan, meningkatkan produksi cairan pencernaan dan air liur. Jahe membuat pencernaan menjadi lancar, seperti penyakit diare atau keram perut. Akar jahe juga bisa kita gunakan untuk mengobati mabuk dan mual, sangat efektif untuk mengendalikan mabuk pada perjalanan. Anak ayam yang baru melewati perjalanan jauh bisa diberikan perasan tumbukan dari jahe, kencur, kunir dan lempuyang. Air perasan ini kita campurkan pada air minumnya, sedangkan ampasnya bisa dicampurkan pada pakan yang sudah sisa. Selain itu jahe juga menambah nafsu makan ayam tarung.
  2. Bawang merah – merupakan tanaman yang juga berkhasiat untuk mengurangi penyakit ini pada anak ayam dengan cara diberikan pada ayam tarung tetapi dengan syarat haluskan terlebih dahulu bawangnya. Berikan air campuran air kunyit dan jeruk nipis dan juga campuran kapur sirih, ramuan ini bisa meringankan gejala pilek pada anak ayam atau juga bisa kita campurkan lagi dengan tanaman herbal lainnya.
  3. Bawang putih – berfungsi untuk mencairkan mucus pada saluran pernapasan ayam tarung, karena mengandung phytobiotik. Efek menguntungkan dari zat ini pada unggas akan timbul aktivasi konsumsi pakan dan sekresi enzim pencernaan, kekebalan tubuh, anti bakteri dan anti inflamasi atau juga sifat anti oksidan. Tambahkan bawang putih 3-7 % dari total pakan ayam tarung akan meningkatkan kekebalan terhadap berbagai penyakit ayam tarung dan dalam air minum bila ditambahkan akan membuat cacing hilang pada ternak unggas kita.
  4. Lobak – berfungsi sebagai pencair mucus juga, untuk lambung dan usus maupun empedu. Banyak fungsinya, karena mengandung senyawa anti kanker daripada makanan lainnya, diketahui sebagai glucosinolate yang bersifat antivirus dan antibakteri yang sangat baik. Lobak digunakan sebagai obat tradisional di China dan lazim untuk digunakan, penggunaanya pada hewan mungkin juga bisa kita terapkan dan didukung oleh hasil penelitiannya.
Anak Ayam Snot

Anak Ayam Snot

Sedangkan pengobatan kimia dapat diberikan pada ayam dengan obat preparat sulfat seperti yang ada dipasaran, namun tidak disarankan karena kembali lagi pasti lebih baik menggunakan bahan yang alami dan tradisional. Demikian artikel untuk hari ini dari Lucy, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk para pecinta sabung ayam di Indonesia 😀

Follow us on :
  • facebook
  • linkedin
  • Googleplus
  • Path
  • Twitter
  • Pinterest
  • s128
  • cf88id
  • sv388
  • 18+
  • secure
  • Support Browser :
  • browsers
banklist