Info :
Bonus Refferal 5% + 1% Setiap Mengajak Temannya Bermain Di Tempat Kami
  • bbmD3F62DE3
  • wa+855 92 233 058
  • wechatBuanabet
  • lineBuanabet

Panduan Perawatan Ayam Tarung Muda

Sabung Ayam Online – Perawatan ayam tarung di masa pertumbuhan emas, ayam tarung jantan memasuki masa remaja saat usia 5-6 bulan. Pada usia ini ayam tarung memproduksi hormon testoteron semakin pesat dimana hormon yang membuat ayam semakin menunjukkan tanda kelamin sekunder seperti badan yang kekar, bulu dan pembentukan otot sebagai penunjang gerak.

Ayam Tarung Muda

Ayam Tarung Muda

Untuk menunjang pertumbuhan pada masa muda atau masa emas ini diperlukan asupan gizi yang cukup baik sehingga proses tumbuh dengan baik berjalan dengan sempurna sehingga menjamin keanatomian pada tubuh ayam tarung ini menjadi bagus terutama pada alat gerak ayam tarung. Alat gerak pada ayam tarung dibagi menjadi dua yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif dimana yang pasif adalah tulang sedangkan bagian aktif adalah otot.

Pada masa emas ini dibutuhkan pakan dengan kadar protein yang tinggi sekitar 10-15% dengan kadar mineral yang lebih tinggi. Adapun sumber protein bisa dari protein hewani maupun nabati yaitu tepung darah, tepung ikan, tepung tulang, serangga, daging, kacang-kacangan, kedelai, gandum dan kacang polong. Sedangkan mineral yang dibutuhkan dalam masa emas ini meliputi kalsium, fosfor, besi, manganase, iodium dan juga zink. Sebagai pelengkap tak kalah pentingnya dengan vitamin yang harus juga diperhatikan. Asupan gizi yang cukup akan membuat kualitas tulang antara lain bentuk, kekuatan, ketebalan dan panjang tulang tumbuh secara optimal.

Khusus untuk pertumbuhan oto yang optimal diperlukan asupan asam amino yang memadai, ammino merupakan komponen utama penyusun protein yang dibagi dalam dua kelompok yaitu asam amino non esensial dan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga sering harus ditambahkan dalam bentuk makanan, sedangkan yang satu lagi bisa diproduksi oleh tubuh dengan sendirinya. Asam amino biasanya berbentuk serbuk dan mudah larut dalam air sehingga lebih muda untuk dikonsumsi.

Dari sekian banyak jenis asam amino yang ada, asam amino non esensial glutamin merupakan yang paling banyak diproduksi didalam tubuh, meskipun glutamin dapat diproduksi dari dalam tubuh namun pasokannya dari luar tetap diperlukan untuk menjaga konsistensi perkembangan otot tubuh, karena kadar glutamin tubuh akan cenderung menurun seiring intensitas latihan yang dilakukan. Oleh karena itu, menjaga kadar asam amino glutami dalam tubuh sangatlah diperlukan untuk menjaga proses perkembangan otot lebih optimal. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi pakan atau suplemen yang mengandung jumlah protein atau asam amino yang memadai. Berikut ini peran penting dari asam amino dalam pembentukan massa otot :

Perawat Ayam Tarung Muda

Perawat Ayam Tarung Muda

  1. Meningkatkan Massa Otot – Otot terbentuk dari protein yang terbagi atas berbagai macam asam amino baik esensial maupun non esensial, dengan memenuhi kebutuhan protein harian, bearti kita telah memenuhi kebutuhan ayam kita akan bahan baku utama pembentukan otot. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang berlemak dalam tubuh ayam tarung kita, begitupun sebaliknya.
  2. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan – American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa hormon pertumbuhan meningkat sebesar 440% setelah menggunakan suplementasi dari glutamin. Hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa oto dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energi. Suatu contoh hasil riset di Louisiana State University Medical College memberikan 2gr glutamin pada 9 atlet pada pagi hari setelah sarapan. Maka, hormon pertumbuhan mereka meningkat hingga 440% 90 menit setelah mengkonsumsi suplemen glutamin. Jadi walau glutamin bisa dihasilkan tubuh adalah hal penting untuk menambah jumlah glutamin dari pakan atau suplemen yang mengandung glutamin.
  3. Mengurangi Asam Laktat – Saat ayam kita berlatih, maka tubuh ayam kita akan memakar glikogen dan glukosa sebagai sumber energi. Proses yang menghasilkan asam laktat yang dapat membuat otot bersifat asam, dan membuat otot menjadi tidak bertenaga. Glutamin memainkan peran yang sangat penting dalam penyeimbang kadar asam laktat tubuh dengan cara menghasilkan ion bikarbonat yang dapat menetralisasikan asam laktat, sehingga anda  dapat berlatih lebih lama lagi dan mendapat hasil yang maksimal juga.
  4. Mencegah Penyusutan Otot – Asam amino kedua yang banyak didapatkan dari BCAA yang merupakan singkatan dari Branched Chain Amino Acids, merupakan jenis asam amino esensial juga yang artinya pada tubuh ayam tarung kita tidak dapat memproduksi dengan sendirinya dan harus mendapatkan asupan dari luar. BCAA merupakan gabungan dari 3 asam amino esensial yaitu valine, isoleusin dan leusin. Asam amino ini bertugas menjaga kadar protein otot tidak hilang  atau rusak pada saat latihan.

Sekian artikel dari Lucy untuk hari ini mengenai panduan perawatan ayam tarung muda, semoga bisa bermanfaat dan membantu para pecinta ayam tarung di Indonesia 😀

Follow us on :
  • facebook
  • linkedin
  • Googleplus
  • Path
  • Twitter
  • Pinterest
  • s128
  • cf88id
  • sv388
  • 18+
  • secure
  • Support Browser :
  • browsers
banklist