Info :
Bonus Refferal 5% + 1% Setiap Mengajak Temannya Bermain Di Tempat Kami
  • bbmD3F62DE3
  • wa+855 92 233 058
  • wechatBuanabet
  • lineBuanabet

Rahasia Khusus Ternak Ayam Serama

Lucy Luciole BERITA AYAM
15/04/2017 | 18:47

Sabung Ayam Online – Kemarin sudah Lucy bahas beberapa Peluang Usaha Ternak Ayam Serama, pada hari ini akan dilanjutkan dengan rahasia khusus ternak ayam serama. Dimulai dari pakan, bisa berupa campuran dedak, jagung dan konsentrat dengan perbandingan 5 : 3 : 2 yang diberikan sebanyak 2 kali sehari. Terkadang kita mandikan ayam serama ini dengan sabun yang mengandung disinfektan supaya bulunya bisa terhindar dari kutu dan mengkilap cemerlang.

Kandang Kawat Ayam Serama

Kandang Kawat Ayam Serama

Kemudian jangan lupa untuk kita jemur setiap pagi pada jam 09.00 sekitar 1 sampai 2 jam lamanya, ayam serama ini akan mulai kawin jika umurnya sudah mencukupi sekitar 4 sampai 5 bulan. Meskipun pada usia tersebut ayam sudah masuk kategori ayam serama dewasa, namun ayam yang sudah siap kawin dan berkembang biak pada saat umurnya hampir 6 bulan. Telurnya tidak terlalu banyak,  ambillah telurnya setiap hari dan kumpulkan selama 7 hari baru masukkan ke mesin tetas sampai hari ke 21 maka umumnya sudah bisa menetas. Lalu masukkan anak ayam kedalam kotak yang diberikan lampu pemanas, fungsinya sebagai pengganti indukan yang menghangatkan anak ayam serama ini. Sampai dengan 30 hari barulah bulu anak ayam serama ini tumbuh semua, baru pisahkan kekandangnya masing-masing.

Bagi yang ingin memulai usaha budidaya ayam serama dengan prospek yang menjanjikan maka akan menemui beberapa tantangan yang pada umumnya ayam serama ini lebih sulit untuk diternakkan bila dibandingkan dengan ayam lain, seperti ayam kampung. Salah satu kesulitan yang aka kita hadapi itu adalah ukuran kakinya yang pendek, mengakibatkan sang jantan sulit untuk membuahi sang betina. Maka dari itu kita harus membantu memegangi ayam betinanya pada saat akan terjadi proses kawin, ayam serama ini akan mulai kawin dari umur 3 bulan dan sampai 4-5 bulan. Ayam jantan bahkan bisa mengawini ayam betina sebanyak 7-8 kali sehari.

Kandang Kawat Anak Ayam Serama

Kandang Kawat Anak Ayam Serama

Pelatihan agar ayam serama bisa berdiri dengan tegak, dikarenakan oleh faktor kakinya yang pendek maka ayam serama ini sulit untuk berdiri dengan tegak. Maka akan dibagikan beberapa saran agar ayam serama kita bisa berdiri tetap tegak, pertama mungkin dengan cara pemijatan dengan tujuan untuk melemaskan otot-otot dari ayam serama ini agar lemas tidak kaku. Letakkan ibu jari dan telunjuk kita di sela pangkal sayap ayam serama ini, kemudian secara perlahan kita tarik ke arah dalam dan tahan untuk beberapa saat. Jari tengah kita gunakan untuk menopang dada ayam bagian yang bawah kemudian kita angkat, jangan lupa juga untuk memijat daerah bagian leher bawah agak belakang. Lakukan pada saat posisi kepala ayam serama menghadap kedepan agar tidak terjadi hal yang buruk seperti keseleo ataupun terkilir. Pemijatan ini cukup dilakukan selama 20 menit setiap harinya, lakukan juga pemijatan pada bagian dadanya dengan tujuan agar ayam serama ini bisa busung.

Berikan sangkar kawat untuk ayam serama ini dengan tujuan agar ayam serama ini berdiri tegak dengan mengondisikan pakan ada minumannya setinggi ayam itu sendiri pada saat berdiri tegak, lalukan hal ini dari pagi hari sampai dengan sore hari. Bisa juga kita terapkan teknik unthulan, ini merupakan teknik lama yang tetap efektif. Caranya dengan menaruh ayam serama pada sangkar kawat tadi kemudian letakkan ayam serama lainnya pada luar sangkar atau atas sangkar agar bisa memancing nalurinya untuk selalu berusaha berdiri tegak.

Selain itu juga yang perlu kita perhatikan sebagai peternak ayam serama ini dengan tujuan meningkatkan dan menjaga kesuburam ayam serama. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan ayam, dari pakannya atau mungkin suhu lingkungan yang tidak menentu. Maka dari itu kita harus buatkan kandang yang membuat ayam ini tetap dalam suhu yang tidak terlalu dingin karena bisa menurunkan tingkat kesuburannya. Ayam serama ini juga membutuhkan banyak vitamin E sebagai tambahan dari pakan utamanya seperti toge dan juga jangkrik.

Kontes Ayam Serama

Kontes Ayam Serama

Kemudian jangan lupaka penetasan telur ayam serama, yaitu suhu dan kelembaban lingkunan itu sendiri, suhu idealnya adalah 38 derajat Celcius. Jika ruangan kering, maka cangkang telur akan mengeras dan sulit untuk menetas, mengakibatkan anak ayam yang ada didalam telur itu bisa mati. Sekian artikel dari Lucy mengenai rahasia khusus ternak ayam serama, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua para pecinta sabung ayam di Indonesia.

Follow us on :
  • facebook
  • linkedin
  • Googleplus
  • Path
  • Twitter
  • Pinterest
  • s128
  • cf88id
  • sv388
  • 18+
  • secure
  • Support Browser :
  • browsers
banklist